Langsung ke konten utama
3D Gasket

Model 3D

Grafik komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z. Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). pemodelan ini juga berfungsi untuk menampilkan efek realistis pada video maupun game.

Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.

Contoh dari 3D

#include 

GLfloat v[3][2]={{-1.0, -0.58}, 
     {1.0, -0.58}, {0.0, 1.15}};

int n;
void triangle( GLfloat *a, GLfloat *b, GLfloat *c) {
     glVertex3fv(a);
     glVertex3fv(b);
     glVertex3fv(c);
}
void divide_triangle(GLfloat *a, GLfloat *b, GLfloat *c, int m)
{
     GLfloat v1[3], v2[3], v3[3];
     int j;
     if(m>0)
     {
       for(j=0; j<3; j++) v1[j]=(a[j]+b[j])/2;
       for(j=0; j<3; j++) v2[j]=(a[j]+c[j])/2;
       for(j=0; j<3; j++) v3[j]=(b[j]+c[j])/2;
       divide_triangle(a, v1, v2, m-1);
       divide_triangle(c, v2, v3, m-1);
       divide_triangle(b, v3, v1, m-1);
     }
     else 
       triangle(a,b,c);
}
void tetrahedron( int m)
{
     glColor3f(1.0,0.0,0.0);
     divide_triangle(v[0], v[1], v[2], m);
     glColor3f(0.0,1.0,0.0);
     divide_triangle(v[3], v[2], v[1], m);
     glColor3f(0.0,0.0,1.0);
     divide_triangle(v[0], v[3], v[1], m);
     glColor3f(0.0,0.0,0.0);
     divide_triangle(v[0], v[2], v[3], m);
}
 void display(void)
{
     glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
     glBegin(GL_TRIANGLES);
     divide_triangle(v[0], v[1], v[2], n);
     glutSwapBuffers();
     tetrahedron(n);
     glEnd();
     glFlush();
     glutMainLoop();
}


void myinit()
{
     glMatrixMode(GL_PROJECTION);
     glLoadIdentity();
     gluOrtho2D(-2.0, 2.0, -2.0, 2.0);
     glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
     glClearColor (1.0, 1.0, 1.0,1.0);
     glColor3f(0.0,0.0,0.0);
}

 int main(int argc, char **argv)
{
     n=4;
     glutInit(&argc, argv);
     glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
     glutInitWindowSize(500, 500);
     glutCreateWindow("3D Gasket");
     glutDisplayFunc(display);
     myinit();
     glutMainLoop();
     glutSwapBuffers();
}

Untuk File Doc bisa di DOWNLOAD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bumi Bumi Mengelilingi Matahari 3D Cara meruning dengan menggunakan Keyboard: CTRL + y Yaitu untuk Revolusi Bumi mengelilingi Matahari y yaitu Kebalikannya CTRL + d yaitu untuk Rotasi poros Bumi d yaitu kebalikannya #include #include #include static int year = 0, day = 0; void init(void) { glClearColor (0.0, 0.0, 0.0, 0.0); glShadeModel (GL_FLAT); } void display(void) { glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); glColor3f (1.0, 0.0, 0.0); /*Warna Merah*/ glPushMatrix(); glutWireSphere(1.0, 20, 16); /* Draw Matahari */ glRotatef ((GLfloat) year, 0.0, 1.0, 0.0); glTranslatef (2.0, 0.0, 0.0); glRotatef ((GLfloat) day, 0.0, 1.0, 0.0); glutWireSphere(0.2, 10, 8); /* Draw planet Kecil */ glPopMatrix(); glutSwapBuffers(); } void reshape (int w, int h) { glViewport (0, 0, (GLsizei) w, (GLsizei) h); glMatrixMode (GL_PROJECTION); glLoadIdentity (); gluPerspective(60.0, (GLfloat) w/(GLfloat) h, 1.0, 20.0); glMatrixMode(GL_MODELVIEW); glLoadIdentity...

Game Diver Jimmy

Bantu Kenny menemukan harta karun, awas ada mahluk yang membahayakan. DOWNLOAD DISINI!!!

Hacking Registry dengan batch file

Pada dasarnya batch file adalah sebuah script apabila script tersebut dijalankan akan berhubungan langsung dengan shell windows. Perintah dasar seperti copy, rename dan masih banyak lagi. Kita akan bahas disini yaitu perintah REG. Perintah REG merupakan perintah untuk mengakses Registry secara langsung.  Perintah dasarnya: REG ADD REG DELETE REG COPY REG SAVE REG LOAD REG UNLOAD REG QUERY REG COMPARE REG EXPORT REG IMPORT 1. REG ADD digunakan untuk menambahkan key atau value pada registry windows. Struktur dari perintah REG ADD adalah sebagai berikut: REG ADD KeyName [/v NamaValue] [/t Type] [/d Data] [/f] Keterangan: REG ADD perintah dasar untuk menambah key atau value pada registry KeyName yang akan dijadikan sasaran (root key) HKEY_CLASSES_ROOT => HKCR HKEY_CURRENT_USER => HKCU HKEY_LOCAL_MACHINE => HKLM HKEY_USERS => HKU HKEY_CURRENT_CONFIG => HKCC NamaValue => digunakan untuk menambahkan nama value pada registry Type =...