Langsung ke konten utama
3D Gasket

Model 3D

Grafik komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z. Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). pemodelan ini juga berfungsi untuk menampilkan efek realistis pada video maupun game.

Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.

Contoh dari 3D

#include 

GLfloat v[3][2]={{-1.0, -0.58}, 
     {1.0, -0.58}, {0.0, 1.15}};

int n;
void triangle( GLfloat *a, GLfloat *b, GLfloat *c) {
     glVertex3fv(a);
     glVertex3fv(b);
     glVertex3fv(c);
}
void divide_triangle(GLfloat *a, GLfloat *b, GLfloat *c, int m)
{
     GLfloat v1[3], v2[3], v3[3];
     int j;
     if(m>0)
     {
       for(j=0; j<3; j++) v1[j]=(a[j]+b[j])/2;
       for(j=0; j<3; j++) v2[j]=(a[j]+c[j])/2;
       for(j=0; j<3; j++) v3[j]=(b[j]+c[j])/2;
       divide_triangle(a, v1, v2, m-1);
       divide_triangle(c, v2, v3, m-1);
       divide_triangle(b, v3, v1, m-1);
     }
     else 
       triangle(a,b,c);
}
void tetrahedron( int m)
{
     glColor3f(1.0,0.0,0.0);
     divide_triangle(v[0], v[1], v[2], m);
     glColor3f(0.0,1.0,0.0);
     divide_triangle(v[3], v[2], v[1], m);
     glColor3f(0.0,0.0,1.0);
     divide_triangle(v[0], v[3], v[1], m);
     glColor3f(0.0,0.0,0.0);
     divide_triangle(v[0], v[2], v[3], m);
}
 void display(void)
{
     glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
     glBegin(GL_TRIANGLES);
     divide_triangle(v[0], v[1], v[2], n);
     glutSwapBuffers();
     tetrahedron(n);
     glEnd();
     glFlush();
     glutMainLoop();
}


void myinit()
{
     glMatrixMode(GL_PROJECTION);
     glLoadIdentity();
     gluOrtho2D(-2.0, 2.0, -2.0, 2.0);
     glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
     glClearColor (1.0, 1.0, 1.0,1.0);
     glColor3f(0.0,0.0,0.0);
}

 int main(int argc, char **argv)
{
     n=4;
     glutInit(&argc, argv);
     glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
     glutInitWindowSize(500, 500);
     glutCreateWindow("3D Gasket");
     glutDisplayFunc(display);
     myinit();
     glutMainLoop();
     glutSwapBuffers();
}

Untuk File Doc bisa di DOWNLOAD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu API

Bagaimana membuat aplikasi atau website dengan performa yang baik? Bagaimana membuat website yang mudah dikembangkan di berbagai platform? Bagaimana mengintegrasikan website dengan aplikasi yang berbeda bahasa pemrograman? Jawabannya adalah dengan membuat API. Untuk membuat API, arsitektur yang paling populer yaitu RESTful API.   Pada tutorial kali ini saya akan sharing bagaimana membuat RESTful API menggunakan node.js, express, dan MySQL secara step by step. Api itu RESTful API? RESTful API  merupakan implementasi dari API  ( Application Programming Interface ). REST (REpresentational State Transfer) adalah suatu arsitektur metode komunikasi yang menggunakan protocol HTTP untuk pertukaran data dan metode ini sering diterapkan dalam pengembangan aplikasi. Mungkin terdengar rumit tapi sebenarnya tidak. Tujuannya untuk menjadikan system dengan performa yang baik, cepat, dan mudah untuk dikembangkan ( scale ) terutama dalam pertukaran dan komunikasi data...

Arsitektur & Organisasi Komputer

    Arsitektur Komputer  Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.     Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Arsitektur komputer ini...

How to use CKEditor in Nuxt Js

Requirement:  Node 14.18.3 NPM 6.14.15 Yarn 1.22.4 yarn add @ckeditor/ckeditor5-vue@23.0.0 yarn add @blowstack/ckeditor5-full-free-build@1.0.2 // plugins/ckeditor.vue import Vue from ' vue ' import CKEditor from ' @ckeditor/ckeditor5-vue ' Vue . use ( CKEditor ) // components/CkEditor.vue < template > < ckeditor : editor = " editor " : value = " value " : config = " config " @ input = " ( event ) => $emit ( ' input ' , event) " /> </ template > < script > let FullFreeBuildEditor; let CKEditor; if (process . client ) { FullFreeBuildEditor = require ( ' @blowstack/ckeditor5-full-free-build ' ); CKEditor = require ( ' @ckeditor/ckeditor5-vue ' ); } else { CKEditor = { component: { template: ' <div></div> ' } }; } export default { name: ' CkEditor ' , components: { ckeditor: CKEditor . component , }, p...