Langsung ke konten utama
Shimasu

Melakukan (します)

Kosa kata


Sayur-sayuran = kudamono (くだもの)
Buah-buahan = Yasai (やさい)
なに お しますか?
Nani O Shimasu ka?
Akan melakukan apa?

きのう、なに お しますた か?
Kinou, Nani O Shimashita ka?
Kemarin Ngapain?

Percakapan


Andri : Yuube, Nani O Shimashita ka?
Ahmad : Terebi O mimashita
Andri : Nan ji made Terebi o mimashita ka?
Ahmad : Ku ji made desu
Andri : Sore kara nani o shimashita ka?
Ahmad : Nemashita
Andri : Nan ji Ni Nemashita ka?
Ahmad : Ku ji Ni Nemashita

Partikel "de" bisa diartikan "di" (Menunjukan tempat terjadinya suatu kegiatan)

Contoh :
Sushi O tabemasu (makan sushi)
Resutoran de Sushi O tabemasu (Makan sushi di Restoran)
Heya de Tagami O Kakimasu (Menulis surat di kamar)

Doko de.......Ka? (Dimana)

Doko de Nihongo O Benkyou shimasu ka? (Belajar bahasa jepang dimana)

Percakapan


Agus : Kesa, Benkyou shimashita ka?
Jamil: Hai, Benkyou shimashita.
Agus : Doko de Benkyou shimashita ka?
Jamil: toshokan de Benkyou shimashita.
Agus : Dare to Benkyou shimashita ka?
Jamil: Hitori de.
Agus : Nan ji kara Nan ji made desu ka?
Jamil: Ni Ji kara san ji made desu.

Dare to...ka (sama siapa)


Dare to Uchi e kaerimashita ka?(Pulang ke rumah sama siapa)

Kalimat Ajakan (Mashoo)


Issho ni (Bareng)
So Shimashoo (Yuk)
Ikimashoo (Pulang Yukk)

Ajakan ada 2


  1. mashoo
  2. Masen ka(Bagaimana kalau)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu API

Bagaimana membuat aplikasi atau website dengan performa yang baik? Bagaimana membuat website yang mudah dikembangkan di berbagai platform? Bagaimana mengintegrasikan website dengan aplikasi yang berbeda bahasa pemrograman? Jawabannya adalah dengan membuat API. Untuk membuat API, arsitektur yang paling populer yaitu RESTful API.   Pada tutorial kali ini saya akan sharing bagaimana membuat RESTful API menggunakan node.js, express, dan MySQL secara step by step. Api itu RESTful API? RESTful API  merupakan implementasi dari API  ( Application Programming Interface ). REST (REpresentational State Transfer) adalah suatu arsitektur metode komunikasi yang menggunakan protocol HTTP untuk pertukaran data dan metode ini sering diterapkan dalam pengembangan aplikasi. Mungkin terdengar rumit tapi sebenarnya tidak. Tujuannya untuk menjadikan system dengan performa yang baik, cepat, dan mudah untuk dikembangkan ( scale ) terutama dalam pertukaran dan komunikasi data...

Latihan J2ME ChoiceGroup Tampil

import javax.microedition.lcdui.*; import javax.microedition.midlet.*;   public class Midlet_8 extends MIDlet implements CommandListener {     private Display display;     private Form frmInput;     private ChoiceGroup cgPilihan;     private TextField nama;     private Command cmdKeluar;     private Command cmdTampil;     private CommandListener listener;     private StringItem siPilih;     //private Alert alert;     public Midlet_8 () {  }     public void startApp() {         //Form         frmInput = new Form("Form Input Nama");         nama = new TextField("Nama: ", null, 35, TextField.ANY);         frmInput.append(nama);         cgPilihan = new ChoiceGroup("Pilih Jurusan : ", Choice.POPUP);         cgPilihan.append("Teknik Inf...
tugasAlgoLanjut HITUNG LUAS PERSEGI Nama kelompok : Aditya Dwi Saputra (111 0511 003) Syamsul Amin (111 0511 048) Studi Kasus Pada kesempatan kali ini kelompok kami ingin membuat aplikasi yang sederhana untuk menghitung luas persegi panjang. Yang terdiri dari: ADT (Abstract Data type), Struct, fungsi, array. Pseudecode mulai mendeklarasikan typedef int jumlah struct{ jumlah hasiluas; }persegi; menginisialisasi fungsi luas void luas (jumlah p, jumlah l){ persegi.hasiluas=p*l; } melakukan perulangan sebanyak data array input data persegi ke array input panjang input lebar pemanggilan fungsi luas tutup perulangan cetak data yang tersimpan didalam array finish Source Code #include //deklarasi ADT typedef int jumlah; //deklarasi struct struct{ jumlah hasiluas; }persegi; //Fungsi penghitung luas. void luas (jumlah p, jumlah l){ persegi.hasiluas = p * l; } //Fungsi utama. int main() { //Pendeklarasian variabel yang dibutuhkan. ...