Langsung ke konten utama

Decimal Hexadecimal Binary Octal

   Bilangan ini harus ingat selalu karena digunakan untuk menampilkan alamat memori dalam pemprograman komputer dan juga digunakan untuk menghitung IP.

1. Konversi dari Decimal ke Biner
192    :  2  =  96  sisa  0
  96    :  2  =  48  sisa  0
  48    :  2  =  24  sisa  0
  24    :  2  =  12  sisa  0
  12    :  2  =  6    sisa  0
  6      :  2  =  3    sisa  0
  3      :  2  =  1    sisa  1
  1      :  2  =  0    sisa  1
Berarti bilangan Biner nya adalah 11000000

Bilangan decimal 165
    165  :  2  =  82  sisa  1
    82    :  2  =  41  sisa  0
    41    :  2  =  20  sisa  1
    20    :  2  =  10  sisa  0
    10    :  2  =  5    sisa  0
    5      :  2  =  2    sisa  1
    2      :  2  =  1    sisa  0
    1      :  2  =  0    sisa  1

    Berarti bilangan Binernya adalah 10100101

2. Konversi dari HexaDecimal ke Biner
   0  ==> 0000
   1  ==> 0001
   2  ==> 0010
   3  ==> 0011
   4  ==> 0100
   5  ==> 0101
   6  ==> 0110
   7  ==> 0111
   8  ==> 1000
   9  ==> 1001
   A ==> 1010
   B ==> 1011
   C ==> 1100
   D ==> 1101
   E ==> 1110
   F ==> 1111

   misal, 5D12 Hexa = ...... Biner
   Jawabannya adalah 0101110100010010 tapi lebih benar lagi adalah 101110100010010

3. Konversi bilangan Oktal ke Biner

   0 ==> 000
   1 ==> 001
   2 ==> 010
   3 ==> 011
   4 ==> 100
   5 ==> 101
   6 ==> 110
   7 ==> 111

4. Konversi dari Heximal ke desimal
Contoh bilangan Hexa 10E
10E diubah menjadi barisan: 1,0,14 (E = 14 dalam basis 10)
 = (1 x 16^2) + (0 x 16^1) + (14 x 16^0)
 = 256 + 0 + 14
 = 270

5. Konversi decimal ke hexa
270/16 = 16   sisa 14  (E)
  16/16 =   1   sisa  0   (0)
   1/16  =   0   sisa  1   (1)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bumi Bumi Mengelilingi Matahari 3D Cara meruning dengan menggunakan Keyboard: CTRL + y Yaitu untuk Revolusi Bumi mengelilingi Matahari y yaitu Kebalikannya CTRL + d yaitu untuk Rotasi poros Bumi d yaitu kebalikannya #include #include #include static int year = 0, day = 0; void init(void) { glClearColor (0.0, 0.0, 0.0, 0.0); glShadeModel (GL_FLAT); } void display(void) { glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); glColor3f (1.0, 0.0, 0.0); /*Warna Merah*/ glPushMatrix(); glutWireSphere(1.0, 20, 16); /* Draw Matahari */ glRotatef ((GLfloat) year, 0.0, 1.0, 0.0); glTranslatef (2.0, 0.0, 0.0); glRotatef ((GLfloat) day, 0.0, 1.0, 0.0); glutWireSphere(0.2, 10, 8); /* Draw planet Kecil */ glPopMatrix(); glutSwapBuffers(); } void reshape (int w, int h) { glViewport (0, 0, (GLsizei) w, (GLsizei) h); glMatrixMode (GL_PROJECTION); glLoadIdentity (); gluPerspective(60.0, (GLfloat) w/(GLfloat) h, 1.0, 20.0); glMatrixMode(GL_MODELVIEW); glLoadIdentity...

Game Diver Jimmy

Bantu Kenny menemukan harta karun, awas ada mahluk yang membahayakan. DOWNLOAD DISINI!!!

Hacking Registry dengan batch file

Pada dasarnya batch file adalah sebuah script apabila script tersebut dijalankan akan berhubungan langsung dengan shell windows. Perintah dasar seperti copy, rename dan masih banyak lagi. Kita akan bahas disini yaitu perintah REG. Perintah REG merupakan perintah untuk mengakses Registry secara langsung.  Perintah dasarnya: REG ADD REG DELETE REG COPY REG SAVE REG LOAD REG UNLOAD REG QUERY REG COMPARE REG EXPORT REG IMPORT 1. REG ADD digunakan untuk menambahkan key atau value pada registry windows. Struktur dari perintah REG ADD adalah sebagai berikut: REG ADD KeyName [/v NamaValue] [/t Type] [/d Data] [/f] Keterangan: REG ADD perintah dasar untuk menambah key atau value pada registry KeyName yang akan dijadikan sasaran (root key) HKEY_CLASSES_ROOT => HKCR HKEY_CURRENT_USER => HKCU HKEY_LOCAL_MACHINE => HKLM HKEY_USERS => HKU HKEY_CURRENT_CONFIG => HKCC NamaValue => digunakan untuk menambahkan nama value pada registry Type =...