Langsung ke konten utama

Algoritma


   Dalam matematika dan komputasi, algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.
    Desain dan analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma tersebut. Dalam cabang disiplin ini algoritma dipelajari secara abstrak, terlepas dari sistem komputer atau bahasa pemrograman yang digunakan. Algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan kriteria yang sama.
     Kompleksitas dari suatu algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah. Secara informal, algoritma yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam waktu yang singkat memiliki kompleksitas yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan masalahnya mempunyai kompleksitas yang tinggi.

Langsung aja bisa didownload filenya buat belajar sobat
BAB 1-2
BAB 3
BAB 4-5
BAB 6
BAB 7-8
BAB 9-10
BAB 11
BAB 12

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu API

Bagaimana membuat aplikasi atau website dengan performa yang baik? Bagaimana membuat website yang mudah dikembangkan di berbagai platform? Bagaimana mengintegrasikan website dengan aplikasi yang berbeda bahasa pemrograman? Jawabannya adalah dengan membuat API. Untuk membuat API, arsitektur yang paling populer yaitu RESTful API.   Pada tutorial kali ini saya akan sharing bagaimana membuat RESTful API menggunakan node.js, express, dan MySQL secara step by step. Api itu RESTful API? RESTful API  merupakan implementasi dari API  ( Application Programming Interface ). REST (REpresentational State Transfer) adalah suatu arsitektur metode komunikasi yang menggunakan protocol HTTP untuk pertukaran data dan metode ini sering diterapkan dalam pengembangan aplikasi. Mungkin terdengar rumit tapi sebenarnya tidak. Tujuannya untuk menjadikan system dengan performa yang baik, cepat, dan mudah untuk dikembangkan ( scale ) terutama dalam pertukaran dan komunikasi data...

Latihan J2ME ChoiceGroup Tampil

import javax.microedition.lcdui.*; import javax.microedition.midlet.*;   public class Midlet_8 extends MIDlet implements CommandListener {     private Display display;     private Form frmInput;     private ChoiceGroup cgPilihan;     private TextField nama;     private Command cmdKeluar;     private Command cmdTampil;     private CommandListener listener;     private StringItem siPilih;     //private Alert alert;     public Midlet_8 () {  }     public void startApp() {         //Form         frmInput = new Form("Form Input Nama");         nama = new TextField("Nama: ", null, 35, TextField.ANY);         frmInput.append(nama);         cgPilihan = new ChoiceGroup("Pilih Jurusan : ", Choice.POPUP);         cgPilihan.append("Teknik Inf...
tugasAlgoLanjut HITUNG LUAS PERSEGI Nama kelompok : Aditya Dwi Saputra (111 0511 003) Syamsul Amin (111 0511 048) Studi Kasus Pada kesempatan kali ini kelompok kami ingin membuat aplikasi yang sederhana untuk menghitung luas persegi panjang. Yang terdiri dari: ADT (Abstract Data type), Struct, fungsi, array. Pseudecode mulai mendeklarasikan typedef int jumlah struct{ jumlah hasiluas; }persegi; menginisialisasi fungsi luas void luas (jumlah p, jumlah l){ persegi.hasiluas=p*l; } melakukan perulangan sebanyak data array input data persegi ke array input panjang input lebar pemanggilan fungsi luas tutup perulangan cetak data yang tersimpan didalam array finish Source Code #include //deklarasi ADT typedef int jumlah; //deklarasi struct struct{ jumlah hasiluas; }persegi; //Fungsi penghitung luas. void luas (jumlah p, jumlah l){ persegi.hasiluas = p * l; } //Fungsi utama. int main() { //Pendeklarasian variabel yang dibutuhkan. ...