Langsung ke konten utama

Kepemiminan

   Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukannya dalam kerja" dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi.

   Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimipin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Dan memang, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroik seperti Napoleon, Washington, Lincoln, Churcill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dan sebagainya kita harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan

Kepemimpinan Yang Efektif
   Barangkali pandangan pesimistis tentang keahlian-keahlian kepemimpinan ini telah menyebabkan munculnya ratusan buku yang membahas kepemimpinan. Terdapat nasihat tentang siapa yang harus ditiru (Attila the Hun), apa yang harus diraih (kedamaian jiwa), apa yang harus dipelajari (kegagalan), apa yang harus diperjuangkan (karisma), perlu tidaknya pendelegasian (kadang-kadang), perlu tidaknya berkolaborasi (mungkin), pemimpin-pemimpin rahasia Amerika (wanita), kualitas-kualitas pribadi dari kepemimpinan (integritas), bagaimana meraih kredibilitas (bisa dipercaya), bagaimana menjadi pemimipin yang otentik (temukan pemimpin dalam diri anda), dan sembilan hukum alam kepemimpinan (jangan tanya). Terdapat lebih dari 3000 buku yang judulnya mengandung kata pemimipin (leader). Bagaimana menjadi pemimpin yang efektif tidak perlu diulas oleh sebuah buku. Guru manajeman terkenal, Peter Drucker, menjawabnya hanya dengan beberapa kalimat: "pondasi dari kepemimpinan yang efektif adalah berpikir berdasar misi organisasi, mendefinisikannya dan menegakkannya, secara jelas dan nyata.

Kepemimpinan Karismatik
   Max Weber, seorang sosiolog, adalah ilmuan pertama yang membahas kepemimpinan karismatik. Lebih dari seabad yang lalu, ia mendefinisikan karisma (yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti "anugerah") sebagai "suatu sifat tertentu dari seseorang, yang membedakan mereka dari orang kebanyakan dan biasanya dipandang sebagai kemampuan atau kualitas supernatural, manusia super, atau paling tidak daya-daya istimewa. Kemampuan-kemampuan ini tidak dimiliki oleh orang biasa, tetapi dianggap sebagai kekuatan yang bersumber dari yang Ilahi, dan berdasarkan hal ini seseorang kemudian dianggap sebagai seorang pemimpin.

Matakuliah yang di pelajari di kampus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu API

Bagaimana membuat aplikasi atau website dengan performa yang baik? Bagaimana membuat website yang mudah dikembangkan di berbagai platform? Bagaimana mengintegrasikan website dengan aplikasi yang berbeda bahasa pemrograman? Jawabannya adalah dengan membuat API. Untuk membuat API, arsitektur yang paling populer yaitu RESTful API.   Pada tutorial kali ini saya akan sharing bagaimana membuat RESTful API menggunakan node.js, express, dan MySQL secara step by step. Api itu RESTful API? RESTful API  merupakan implementasi dari API  ( Application Programming Interface ). REST (REpresentational State Transfer) adalah suatu arsitektur metode komunikasi yang menggunakan protocol HTTP untuk pertukaran data dan metode ini sering diterapkan dalam pengembangan aplikasi. Mungkin terdengar rumit tapi sebenarnya tidak. Tujuannya untuk menjadikan system dengan performa yang baik, cepat, dan mudah untuk dikembangkan ( scale ) terutama dalam pertukaran dan komunikasi data...

Latihan J2ME ChoiceGroup Tampil

import javax.microedition.lcdui.*; import javax.microedition.midlet.*;   public class Midlet_8 extends MIDlet implements CommandListener {     private Display display;     private Form frmInput;     private ChoiceGroup cgPilihan;     private TextField nama;     private Command cmdKeluar;     private Command cmdTampil;     private CommandListener listener;     private StringItem siPilih;     //private Alert alert;     public Midlet_8 () {  }     public void startApp() {         //Form         frmInput = new Form("Form Input Nama");         nama = new TextField("Nama: ", null, 35, TextField.ANY);         frmInput.append(nama);         cgPilihan = new ChoiceGroup("Pilih Jurusan : ", Choice.POPUP);         cgPilihan.append("Teknik Inf...
tugasAlgoLanjut HITUNG LUAS PERSEGI Nama kelompok : Aditya Dwi Saputra (111 0511 003) Syamsul Amin (111 0511 048) Studi Kasus Pada kesempatan kali ini kelompok kami ingin membuat aplikasi yang sederhana untuk menghitung luas persegi panjang. Yang terdiri dari: ADT (Abstract Data type), Struct, fungsi, array. Pseudecode mulai mendeklarasikan typedef int jumlah struct{ jumlah hasiluas; }persegi; menginisialisasi fungsi luas void luas (jumlah p, jumlah l){ persegi.hasiluas=p*l; } melakukan perulangan sebanyak data array input data persegi ke array input panjang input lebar pemanggilan fungsi luas tutup perulangan cetak data yang tersimpan didalam array finish Source Code #include //deklarasi ADT typedef int jumlah; //deklarasi struct struct{ jumlah hasiluas; }persegi; //Fungsi penghitung luas. void luas (jumlah p, jumlah l){ persegi.hasiluas = p * l; } //Fungsi utama. int main() { //Pendeklarasian variabel yang dibutuhkan. ...